Sebuah Kesempatan di Era Digital

Sebuah Kesempatan di Era Digital - Hallo sahabat BELAJAR DROPSHIP, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Sebuah Kesempatan di Era Digital, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel BISNIS, Artikel Ide Bisnis, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Sebuah Kesempatan di Era Digital
link : Sebuah Kesempatan di Era Digital

Baca juga


Sebuah Kesempatan di Era Digital

Sebuah Kesempatan di Era Digital
Sebuah era baru mulai datang, bertajuk business digital berbasis online mulai menyerbu dan menaklukkan dunia bisnis. Era bisnis dominasi mulai terkikis dan mulai tergantikan dengan era bisnis kolaborasi.
Lihat gojek, grab, uber yang "hanya" punya aplikasi sedangkan bisnisnya sendiri dijalankan oleh tukang ojek, satpam, office boy, tukang bangunan, petani bahkan oleh seorang guru yang bertransformasi menjadi ojek online. Lihat tokopedia, bukalapak, lazada, olx juga "hanya" punya aplikasi yang bisnis sebenarnya dijalankan oleh toko-toko konvensional, ibu rumah tangga, mahasiswa, karyawan, buruh pabrik dan sebagainya yang bertransformasi menjadi online store.
Walaupun para dominator tentu tidak tinggal diam untuk mempertahankan dominasinya bluebird yang mulai dengan aplikasinya setelah pasarnya mulai tergerus, atau merek-merek barang retail yang mulai mempunyai online store sendiri. Membuat peta bisnis digital punya persaingan tersendiri selain tentunya bersaing dengan bisnis konvensional yang sedang ditaklukkan.
Kolaborasi adalah kata kunci dalam era digital, semua bisa jadi pemilik usaha dan semua bisa jadi konsumen. Persis kayak koperasi, cuma bedanya kalau koperasi semua anggota adalah pemilik. Andaikan saja, jika sebagai contoh seluruh umat Islam di negeri ini memiliki sebuah koperasi yang memiliki market place digital di mana produsen, konsumen dan pemiliknya adalah seluruh umat itu sendiri, mungkin Alibaba juga bisa lewat. Belum lagi kalo melakukan ekspansi ke negara lain, fokus ekspansi ke negara-negara islam dulu misalnya wah bisa-bisa lewat tuh ekonomi Amerika atau Tiongkok.
Kalau sistem iuran anggotanya bisa menggunakan zakat 2,5%, dengan subsidi silang untuk kaum tidak mampu baik untuk iuran anggota maupun uang elektronik yang dapat dibelanjakan kebutuhan sehari-hari di market digital tsb, mungkin masalah kemiskinan secara perlahan akan menghilang dari negeri ini. Karena kaum tidak mampu akan bisa memenuhi kebutuhannya sehari-hari dari zakat dan akan mendapatkan modal untuk berusaha dari pembagian SHU koperasi tersebut.
Andaikan saja, suatu saat nanti ada pemerintah Indonesia yang akan mewujudkan hal ini, saya yakin semua ulama dan umat akan "berjihad" untuk mewujudkannya dengan tentunya sesuai dengan kaidah ekonomi Islam. Mudah-mudahan Indonesia akan menjadi negara yang gemah ripah lohjinawi, sejahtera lahir dan bathin.
Andaikan saja.......


Demikianlah Artikel Sebuah Kesempatan di Era Digital

Sekianlah artikel Sebuah Kesempatan di Era Digital kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Sebuah Kesempatan di Era Digital dengan alamat link https://dropshipwawa.blogspot.com/2017/10/sebuah-kesempatan-di-era-digital.html