Cara memilih supplier terpercaya di tokopedia bagi dropshiper

Cara memilih supplier terpercaya di tokopedia bagi dropshiper - Hallo sahabat BELAJAR DROPSHIP, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara memilih supplier terpercaya di tokopedia bagi dropshiper, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara memilih supplier terpercaya di tokopedia bagi dropshiper
link : Cara memilih supplier terpercaya di tokopedia bagi dropshiper

Baca juga


Cara memilih supplier terpercaya di tokopedia bagi dropshiper



Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Hai sahabat anal desa, ketemu lagi dengan ane admin yang (selalu ngaku) kece di saentro jagat, walaupun kenyataannya ane ga sekece yang ente kira atau yang ane rasa.

Kali ini ane mau bagi-bagi tips memilih supplier tokopedia yang kredibel dan ga bikin jengkel, dalam pembahasan kali ini kita berperan sebagai dropshiper yang ngambil barang dari penyuplai, kalo ente bermain tokopedia dan menjual barang milik sendiri serta ga butuh supplier mending langsung tutup aja browser ente.

Jujur aja ane punya 5 toko berbeda di tokopedia, dan kelimanya punya supplier berbeda dari tiap jenisnya, kenapa ane ga gabungin beberapa supplier untuk nyetok satu toko? Alasannya akrena jika ada buyer yang memesan lebih dari satu barang kita jadi gampang order ke suppliernya karena suppliernya Cuma 1, bayangin jika ane jual arloji dari supplier “a” dan jual baju dari supplier “b”, yang jadi masalah adalah jika ada buyer yang membeli 1 baju dan 1 arloji, kita ga bisa kirim pesanan hanya dengan satu paket pengiriman karena memang suppliernya beda, belum lagi ongkir bakal melambung karena kita melakukan 2 kali pengiriman barang, ambil aja contoh pengiriman jabodetabek menggunakan jne reguler 9.000/kg, jika kita mengirim 2 kali walaupun beratnya hanya 0,3kg maka ongkos yang harus kita keluarin adalah 18.000, sedangkan si buyer yang membeli barang dari kita hanya mengeluarkan 9.000, tentu kita rugi ongkos bukan? Jadi misal ente buka toko dropship ane saranin satu jenis barang aja, misal arloji ya fokus sama arloji aja, kalo ente mau jualan baju ya jangan digabungin ama toko arloji, bikin toko baru yang fokus pada penjualan baju, lagian bikin tokonya juga gratis kok, apa susahnya sih.

Oke kita masuk ke inti pembahasan kita kali ini, sebagai dropshiper ente jangan hanya melihat supplier hanya dari reputasi yang diberikan konsumen, ingat bahwa ente bukan konsumen melainkan dropshiper, penilaian ente tentu berbeda dengan konsumen karena ente ikut bertanggungjawab dalam pengiriman paket, katakanlah jika buyer ga menerima barang yang dia pesan atau barang yang dikirim supplier salah atau bahkan nyasar, tentu yang akan jadi korban omelan buyer adalah ente, bukan suppliernya, terlepas dari ente bisa marahin juga si suppliernya.

Pengalaman ane sebagai dropshiper selama ini adalah ga semua supplier yang memiliki reputasi bagus akan melayani ente dengan ramah, Karena logikanya semakin bagus reputasi toko maka akan semakin banyak pula yang belanja, dengan begitu akan makin sulit juga bagi pemilik toko untuk merespon tiap buyer dan supplier satu per satu, dengan begitu maka kemungkinan supplier berlaku ramah pada ente juga menurun. Ane sendiri ngambil supplier yang “hanya” memiliki reputasi ntara bintang perak 3 hingga emas 4, ane ragu buat milih supplier yang udah memiliki reputasi berlian 1 karena jujur aja ane pernah dikecewain, pesanan ga di proses Inbox ga di bales protes di diskusi produk juga dicuekin, coba ente bayangin perasaan ane, udah di uber-uber buyer pas mau protes ga diurusin, sakit bener dah.

Oke kayaknya tadi ane bilang masuk ke inti yak? Tapi malah curhat :v gapapa lah dikit mah. Ini poin yang harus ente pertimbangkan saat memilih supplier.

1. Respon
Sebelum ente mantep ambil barang dari supplier, coba ente ajak “ngobrol” dulu, bisa via inbox atau diskusi produk, terserah ente mau ngobrolin apa, entah nanya ketersediaan produk atau apa aja, jika responnya cepet maka Poin pertama udah aman.
2. Minta kontak
Memang ini bukan ukuran pasti karena memang ada beberapa supplier kredibel yang punya kebijakan bahwa tanya-tanya hanya bisa dilakukan via tokopedia, tapi ga ada salahnya kan ente minta kontaknya biar lebih gampang buat tanya stok barang, ane sendiri punya semua kontak dari supplier yang ane percaya, kecuali 1 yang ga mau ngasih kontak tapi selama ini ga ada masalah, jadi skali lagi lebih baik ente minta kontaknya walau itu bukan ukuran pasti dari kredibilitas supplier, sapatau aja orangnya cakep kan bisa diajak kenalan :v
3. Reputasi
Emang udah ane bahas soal reputasi di atas, tapi alangkah lebih baiknya jika reputasi bagus, respon cepet, dan mau ngasih kontak
4. Liat-liat produk
Mksudnya sebelum ente dropship sama supplier alangkah baiknya jika ente liat dulu produk yang ada di etalasenya, liat feedbacknya, liat diskusi produknya, liat deskripsi produknya, liat ketentuan pengembaliannya, liat info tokonya, liat catatan tokonya dll. karena dari situ kita bisa menilai bagus enggaknya produk yang dia jual, dan dari pengalaman yang ane dapet biasanya kalo ada masalah sama barangnya maka buyer bakal ngomel-ngomel via diskusi produk, entah itu karena pesanan ga sesuai atau malah ga di respon, tentu ini bakal jadi poin penting buat ente jika menemukan produk dari supplier yang di diskusi produknya isinya cuma orang-orang yang ngedumel minta resi karena pesanan ga di respon dalam waktu yang lama, ente ga mau kan pesanan ente nasibnya di gantungin gitu.
5. Rekomendasi
Terakhir adalah rekomendasi dari orang yang lebih dulu terjun ke tokopedia sebagai dropshiper juga, jika ente punya temen yang lebih berpengalaman dalam dropship mendropship ane saranin ente tanya ama dia dimana dia ngambil barangnya, siapa suppliernya, walaupun ane gak yakin temen ente bakal ngasih tau suppliernya karena takut bersaing ama ente :v

Oke mungkin segini aja dulu tips dari ane tentang drposhiper, untuk tau barang apa aja yang laku di toko online silahkan tanya aja mbah gugel karena banyak artiker yang ngebahas itu disana, artikel tentang memilih supplier dropship juga sebenernya sih banyak tapi rata-rata Cuma copas doang, jadi ane bikin artikel ini murni dari pengalaman ane sebagai dropshiper tokopedia, ga ada copas apapun dari sumber manapun. Oleh karena itu ane minta ke ente yang mau copas dari blog ane supaya mencantumkan sumbernya, istilahnya hargai karya penulis.

Akhir kata semoga tulisan ane bermanfaat dan, wassalamu’alaikum warohmaullahi wabaroaktuh.


Demikianlah Artikel Cara memilih supplier terpercaya di tokopedia bagi dropshiper

Sekianlah artikel Cara memilih supplier terpercaya di tokopedia bagi dropshiper kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara memilih supplier terpercaya di tokopedia bagi dropshiper dengan alamat link https://dropshipwawa.blogspot.com/2016/12/cara-memilih-supplier-terpercaya-di.html